Syaikh Muhammad bin Ali
asy-Syaukani (1173-1250 H / 1759-1834 M) adalah salah satu ulama besar di Yaman
yang ahli fikih, hadis dan tafsir. Beliau termasuk ulama yang anti taklid dan
menyeru pada ijtihad. Kendati seperti itu beliau memberi fatwa yang menjawab
tradisi sosial seperti yang terjadi di Indonesia yakni Tahlilan, baik rangkaian
berkumpulnya, ngaji Yasin bersama, menghadiahkan kepada orang yang wafat, dan
sebagainya. Berikut kutipan lengkapnya:
الْعَادَةُ
الْجَارِيَةُ فِي بَعْضِ الْبُلْدَانِ مِنَ اْلاِجْتِمَاعِ فِي الْمَسْجِدِ لِتِلاَوَةِ
الْقُرْآنِ عَلَى اْلأَمْوَاتِ وَكَذَلِكَ فِي الْبُيُوْتِ وَسَائِرِ اْلاِجْتِمَاعَاتِ
الَّتِي لَمْ تَرِدْ فِي الشَّرِيْعَةِ لاَ شَكَّ إِنْ كَانَتْ خَالِيَةُ عَنْ مَعْصِيَةٍ
سَالِمَةً مِنَ الْمُنْكَرَاتِ فَهِيَ جَائِزَةٌ ِلأَنَّ اْلاِجْتِمَاعَ لَيْسَ بِمُحَرَّمٍ
بِنَفْسِهِ لاَ سِيَّمَا إِذَا كَانَ لِتَحْصِيْلِ طَاعَةٍ كَالتِّلاَوَةِ وَنَحْوِهَا
وَلاَ يُقْدَحُ فِي َذَلِكَ كَوْنُ تِلْكَ التِّلاَوَةِ مَجْعُوْلَةً لِلْمَيِّتِ فَقَدْ
وَرَدَ جِنْسُ التِّلاَوَةِ مِنَ الْجَمَاعَةِ الْمُجْتَمِعِيْنَ كَمَا فِي حَدِيْثِ
اقْرَأُوْا يس عَلَى مَوْتَاكُمْ وَهُوَ حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ وَلاَ فَرْقَ بَيْنَ تِلاَوَةِ
يس مِنَ الْجَمَاعَةِ الْحَاضِرِيْنَ عِنْدَ الْمَيِّتِ أَوْ عَلَى قَبْرِهِ وَبَيْنَ
تِلاَوَةِ جَمِيْعِ الْقُرْآنِ أَوْ بَعْضِهِ لِمَيِّتٍ فِي مَسْجِدِهِ أَوْ بَيْتِهِ
اهـ (الرسائل
السلفية للشيخ علي بن محمد الشوكاني ص : 46)
"Tradisi yang berlaku di sebagian negara dengan berkumpul di masjid untuk membaca al-Quran dan dihadiahkan kepada orang-orang yang telah meninggal, begitu pula perkumpulan di rumah-rumah, maupun perkumpulan lainnya yang tidak ada dalam syariah, tidak diragukan lagi apabila perkumpulan tersebut tidak mengandung maksiat dan kemungkaran, hukumnya adalah boleh.[1] Sebab pada dasarnya perkumpulannya sendiri tidak diharamkan, apalagi dilakukan untuk ibadah seperti membaca al-Quran dan sebagainya. Dan tidaklah dilarang menjadikan bacaan al-Quran itu untuk orang yang meninggal. Sebab membaca al-Quran secara berjamaah ada dasarnya seperti dalam hadis: Bacalah Yasin pada orang-orang yang meninggal. Ini adalah hadis sahih. Dan tidak ada bedanya antara membaca Yasin berjamaah di depan mayit atau di kuburannya, membaca seluruh al-Quran atau sebagiannya, untuk mayit di masjid atau di rumahnya" (Rasail al-Salafiyah, Syaikh Ali bin Muhammad as Syaukani, 46)
(Biografi
asy-Syaukani)
الشوكاني، محمد بن علي
(1173هـ ـ 1250هـ، 1759-1834م).
محمد بن علي بن محمد بن
عبداللهلله الشوكاني اليمني. فقيه مجتهد من كبار علماء اليمن وصاحب كتاب نيل
الأوطار، ولد ببلدة شوكان باليمن ونشأ في صنعاء، وتلقى العلم على شيوخها، وجد في
طلبه فأكثر من المطالعة والحفظ والسماع، حتى صار عالمًا كبيرًا يشار إليه بالبنان،
توافد عليه الطلاب من كل مكان. اشتغل بالقضاء والإفتاء وكان داعية إلى الإصلاح
والتجديد، ترك التقليد وسلك طريق الاجتهاد بعد أن اجتمعت فيه شرائطه كاملة. ترك
مؤلفات كثيرة تدل على سعة علمه وسلامة منهجه. كثر خصومه كما كثر المعجبون به بسبب
دعوته إلى الاجتهاد والتجديد. توفي بصنعاء بعد عمر زاخر بالعطاء.
من مصنفاته: نيل الأوطار في
الحديث؛ فتح القدير في التفسير، وهو متوسط الحجم محرر العبارة.
[1] Bahkan berkumpul semacam ini termasuk dalam
sabda Rasulullah Saw: "Tidak ada sekelompok kaum pun yang berkumpul di
rumah Allah, membaca kitab Allah dan mempelajarinya diantara mereka, kecuali
ketenangan akan datang pada mereka, rahmat akan menyelimuti mereka, malaikat
akan mengelilingi mereka dan Allah akan mmenyebutnya di dalam orang-orang
dekatnya" (HR Muslim No 7028 dari Abu Hurairah)
Sumber
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar